Minggu, 08 Mei 2011

Gerak Refleks pada Manusia

Bab I
Pendahuluan



A. Latar Belakang
Latar belakang pengamatan kelompok kami mengambil tema biologi, yang berjudul gerak refleks pada manusia adalah karena banyaknya orang yang belum mengetahui apa itu gerak refleks, apa saja bagian tubuh yang berperan pada gerak refleks dan bagaimana saraf menanggapi rangsang (impuls) hingga terjadinya gerak refleks pada manusia. Gerak refleks sendiri berasal dari kata Gerak yang berarti peralihan tempat atau kedudukan dan Refleks yang berarti gerakan otomatis dan tidak di rancang terhadap rangsangan dari luar yang di berikan satu organ atau bagian tubuh yang terkena.
Jadi, pembahasan yang akan kelompok kami kemukakan dalam makalah ini adalah hasil pengamatan dari Gerak refleks pada manusia.



B. Tujuan
Tujuan dari pengamatan yang kami sekelompok lakukan adalah untuk mengetahui cara kerja dari gerak refleks pada tubuh manusia.



C. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang akan dibahas pada pengamatan kelompok kami tentang gerak releks pada manusia adalah sebagai berikut:
1. Apakah penyebab terjadinya gerak refleks pada manusia?
2. Bagian mana saja yang berperan dalam gerak refleks pada manusia?
3. Bagaimana urutan jalur perjalanan gerak refleks untuk menyampaikan impuls (rangsang)?

















Bab II
Pembahasan



a. Penyebab terjadinya gerak refleks pada manusia
Secara sederhana, gerak refleks adalah gerakan yang tidak di sadari. Gerakan yang melalui perjalanan impuls (rangsang) pendek dan tanpa diolah oleh otak serta, menimbulkan tanggapan dari anggota tubuh.
Gerak refleks pada tubuh manusia dapat terjadi akibat hal-hal tertentu. Misalnya, gerakan saat kaget, tangan atau kaki menyetuh benda tajam, mencium bau makana enak sehingga liur keluar tanpa di sadari, gerakan pupil mata membesar dan kepala menjauh ketika telunjuk di arahkan secara tiba-tiba kearah mata dan menaarik tangan serta berteriak ketika tangan mendekati api.
Contoh gerak refleks yang telah diuji dalam pengamatan kelompok kami adalah gerak refleks pada pupil mata dan tangan yang berusaha menjauh dari api. Dari hasil pengamatan serta percobaan yang dilakukan, gerak refleks memang terjadi pada teman yang menjadi objek percobaan.
Jadi, penyebab terjadinya gerak refleks adalah terjadinya suatu rangsangan di bagian tubuh tertentu yang dapat berupa aroma, mengejutkan atau menyakitkan yang biasanya datang secara tiba-tiba.



b. Bagian mana saja yang terlibat dalam gerak refleks pada manusia
Bagian tubuh yang terlibat dalam gerak refleks manusia adalah sebagai berikut:
- Reseptor
adalah alat indra yang berupa mata, telinga, kulit, hidung dan lidah.
- Neuron sensori
adalah sel saraf atau neuron yang berfungsi membawa rangsangan ke sistem saraf pusat.
- Sum-sum tulang belakang
adalah lanjutan dari medulla oblongata terus kebawah sampai tulang punggung, tepatnya sampai ruas kedua tulang pinggang dan menyerupai tali putih kemilau dari dasar otak ke tulang belakang. Fungsi utama sum-sum tulang belakang adalah menghubungkan impuls (rangsang) dari dan ke otak, serta memberi alternatif jalan terpendek pada gerak refleks.
- Neuron motor
adalah sel saraf atau neuron yang berfungsi membawa/meneruskan impuls (rangsang) dari sistem saraf pusat ke efektor agar bagian tubuh tertentu bertindak melakukan gerak refleks.








c. Urutan perjalanan gerak refleks menyampaikan impuls
Urutan perjalanan gerak refleks dalam meyampaikan impuls (rangsang) yaitu:

Rangsangan  Reseptor  Neuron sensori  Sum-sum tulang belakang  Neuron motor  Efektor (gerak refleks).

Serangkaian perjalanan impuls di mulai dari reseptor sebagai penerima rangsangan, kemudian dibawa oleh neuron sensori ke pusat saraf, tanpa di oleh pusat saraf (otak). Impuls kemudian dibawa oleh neuron sensori ke neuron motor menuju ke efektor (melakukan gerak refleks).








































Bab III
Penutup


A. Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat di ambil dari pengamatan yang dilakuakan oleh kelompok kami adalah gerakan dapat terjadi pada tubuh manusia akibat adanya kerja saraf pada tubuh. Dalam hal ini, saraf atau neuron menghantarkan impuls dari reseptor penerima menuju otak dan kembali ke efektor (tubuh yang melakukan gerakan).
Gerak refleks adalah gerakan yang mengalami perjalana impuls pendek yang tidak diolah oleh otak.

B. Saran
Gerak refleks biasanya terjadi akibat sesuatu yang mengejutkan atau menyakitkan pada suatu bagian tubuh. Jadi, dengan megetahui apa itu gerak refleks, kita bisa mengetahui apa saja gerakan yang termasuk gerak refleks pada manusia dan mana yang termasuk gerak biasa.
































Daftar Pustaka



• http://www.google.co.id/#hl=id&source=hp&biw=1280&bih=617&q=gambar+gerak+refleks&aq=f&aqi=&aql=&oq=&fp=947d48c16e63a19
• http://www.google.co.id/search?q=gambar+gerak+refleks&hl=id&prmd=ivns&tbm=isch&tbo=u&source=univ&sa=X&ei=7q-vTdW3BIT6vwOZ2uGfBw&ved=0CBgQsAQ&biw=1280&bih=617
• http://www.crayonpedia.org/mw/Sistem_Koordinasi_9.1
• http://referer.us/http://ikdu.fk.ui.ac.id/SISTEM_PENGENDALI_TUBUHsas.pdf
• http://taekwondo-wonogiri.blogspot.com/2010/12/cara-kerja-gerak-refleks.html
• Aryulina Dyah, DKK. 2004. Biologi SMA untuk kelas XI. Jakarta, Penerbit Erlangga.
• Pratiwi D. A. DKK. 2007. Biologi Untuk SMA kelas XI. Jakarta, Penerbit Erlangga.
• Anwar Desi. 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya, Penerbit Amelia.



































Kata Pengantar




Puji dan syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunia-Nya, atas terselesaikannya makalah bahasa Indonesia dari hasil pengamatan kelompok kami. Tanpa rahmat dan karunia-Nya, mustahil kami dapat menyelesaikan makalah kelompok kami.
Pengamatan yang kelompok kami lakukan adalah mengamati gerak refleks pada manusia. Makalah yang kami buat berisi tentang proses terjadinya gerak refleks pada manusia, bagian-bagian tubuh yang berperan dalam gerak refleks dan urutan perjalanan gerak refleks menyampaikan impuls (rangsang) hingga samapai ke efektor (terjadinya gerak refleks).
Seperti kata pepatah, tiada gading yang tak retak. Kami menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran sekecil apapun dari guru bidang studi bahasa Indonesia dan teman-teman sangat kami harapkan agar penulisan makalah kami berikutnya dapat lebih baik.
Pada kesempatan ini, kami kelompok 1 (satu) mengucapkan terima kasih kepada guru pembimbing bahasa Indonesia dan teman-teman khususnya kelas XI IPA 4 yang telah memberi motivasi pada pengamatan dan pembuatan makalah kelompok kami.
Kami kelompok 1 (satu) mengharapkan, semoga makalah ini mampu memberikan manfaat dan nilai tambah kepada para pembacanya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Header image by sabrinaeras @ Flickr